Pelatihan Pemahaman Persyaratan ISO 21001:2018 Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan (Awareness & Requirements)

Pengalaman Pelatihan Pemahaman Persyaratan ISO 21001:2018 Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan (Awareness & Requirements)

Pada tanggal 30 Oktober 2021, kami MK Academy menyelenggarakan Pelatihan Pemahaman Persyaratan ISO 21001:2018 Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan (Awareness & Requirements) dengan metode online via aplikasi Zoom.

Peserta pelatihan dari Yayasan Parahyangan Satya. Acara dari pelatihan ini berjalan dengan baik dan lacar dengan koneksi internet yang bagus dan stabil sehingga para peserta pelatihan pun bisa memahami materi yang diberikan oleh trainer.

Trainer dari pelatihan ini adalah trainer yang profesional dan sudah mendapatkan begitu banyak pengalaman yaitu Bapak Ir. Thomas Hidayat Kurniawan, MM

Latar Belakang Training ISO 21001 2018

Training ISO 21001 2018 Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan – ISO 21001:2018 menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen untuk organisasi pendidikan (EOMS) ketika organisasi tersebut:

a) perlu menunjukkan kemampuannya untuk mendukung perolehan dan pengembangan kompetensi melalui pengajaran, pembelajaran atau penelitian;

b) bertujuan untuk meningkatkan kepuasan peserta didik, penerima manfaat dan staf lainnya melalui penerapan EOMS yang efektif, termasuk proses untuk peningkatan sistem dan jaminan kesesuaian dengan persyaratan peserta didik dan penerima manfaat lainnya.

Semua persyaratan ISO 21001: 2018 bersifat generik dan dimaksudkan untuk dapat diterapkan pada organisasi mana pun yang menggunakan kurikulum untuk mendukung pengembangan kompetensi melalui pengajaran, pembelajaran atau penelitian, terlepas dari jenis, ukuran atau metode penyampaian.

ISO 21001: 2018 dapat diterapkan pada organisasi pendidikan di dalam organisasi yang lebih besar yang bisnis intinya bukan pendidikan, seperti departemen pelatihan profesional.

Training ISO 21001: 2018 tidak berlaku untuk organisasi yang hanya memproduksi atau memproduksi produk pendidikan.

ISO 21001:2018 merupakan Standar sistem manajemen Internasional pertama di dunia untuk organisasi pendidikan yang telha dipublikasikan pada bulan Mei tahun 2018 lalu, dan saat ini resmi diadobsi oleh Indonesia menjadi SNI ISO 21001:2018.

Mengapa Harus Ikut Training ISO 21001 2018? Apa Manfaatnya?

  • Standar ini berfokus pada interaksi khusus antara lembaga pendidikan, peserta didik dan pelanggan lainnya.
  • Sebagai panduan tentang bagaimana memberikan kualitas dalam lingkungan pendidikan yang terus berubah, dengan tujuan untuk membantu penyedia layanan pendidikan memberikan layanan yang lebih baik, dalam memenuhi kebutuhan dan harapan peserta didik dan penerima manfaat lainnya dan menunjukkan kredibilitas dan dampak yang lebih besar

Apa Kaitannya?

Standar ISO 21001 ini berdiri sendiri, dan berdasarkan ISO 9001, serta diselaraskan dengan standar sistem manajemen ISO lainnya melalui penerapan HLS (High Level Structure).

Siapa Pemetik Manfaat Utama?

Meskipun peserta didik dan organisasi pendidikan di seluruh dunia adalah penerima manfaat utama dari standar sistem manajemen baru ini, semua stakeholder (semua orang) juga akan mendapat manfaat dari keluaran sistem manajemen standar dalam organisasi pendidikan ini.

Potensi Manfaat Lainnya

  1. Penyelarasan yang lebih baik dari tujuan dan kegiatan dengan kebijakan (termasuk misi, visi dan strategi organisasi pendidikan)
  2. Peningkatan tanggung jawab sosial dengan menyediakan pendidikan berkualitas inklusif dan merata untuk semua orang
  3. Pembelajaran yang lebih personal dan respon yang efektif untuk semua peserta didik
  4. Proses dan alat evaluasi yang konsisten untuk menunjukkan dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi
  5. Meningkatkan kredibilitas organisasi pendidikan
  6. Sarana yang memungkinkan organisasi pendidikan untuk menunjukkan komitmen terhadap praktik manajemen pendidikan yang efektif
  7. Budaya untuk peningkatan organisasi pendidikan
  8. Harmonisasi standar regional, nasional dan lainnya dalam kerangka Internasional
  9. Menyebarluaskan partisipasi dari pihak yang berkepentingan
  10. Mendorong keunggulan dan inovasi

Pokok Bahasan

  1. Pendahuluan
  2. Pembahasan klausu-klausul: konteks organisasi, kepemimpinan, organisasi pendidikan & komitmen, perencanaan, sumber daya
  3. Pendukung proses operasional, evaluasi kinerja dan peningkatan
  4. Action plan

Persyaratan Peserta Training ISO 21001 2018

Organisasi pendidikan termasuk pra-sekolah, SD, Sekolah Menengah, PT, Pendidikan kejuruan & pelatihan, pusat bimbingan/pembinaan, organisasi pelatihan, penyedia jasa konsultan dan pendidikan non formal.

Kami atas nama manajemen MK Academy mengucapkan “Selamat & Sukses” kepada para peserta training dan semoga ilmu yang didapatkan bermanfaat dan dapat diterapkan ditempat kerja, serta bisa memajukan perusahaan tempat para peserta bekerja.

Sekali lagi kami ucapkan terima kasih banyak atas kepercayaannya yang telah menjalin kerjasama dengan MK Academy, semoga di lain waktu kita dapat menjalin kerja sama kembali.

Bagi Sobat dan Pelanggan MK Academy dapatkan segera informasi mengenai Pelatihan Pemahaman Audit Internal Berdasarkan ISO 19011:2018 Panduan Audit Sistem Manajemen hanya di MK Training atau bisa juga hubungi nomor 081315178523 atas nama Putra untuk informasi lebih lanjut.

Dokumentasi

 Pelatihan Pemahaman Persyaratan ISO 21001:2018 Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan (Awareness & Requirements)

Leave a Comment