5S Sebagai Falsafah Manajemen

Konsep baru 5S. Jaman menuntut konsep baru 5S. Pabrik proses produksi dan perakitan yang menggunakan sejumlah besar minyak diubah menjadi “pabrik ruang keluarga”. Pabrik lain muncul sebagai
pabrik ruang bersih” yang bahkan menyaingi laboratorium yang tidak bercacat cela. Pabrik sering disebut “ruang pamer”.

Dari sudut pandang ketenagakerjaan, perusahaan manufaktur yang memiliki bengkel kotor semakin sukar memperoleh karyawan yang diperlukan. Sebaliknya perusahaan yang memiliki pabrik bersih mengundang keluarga karyawan, bahkan pelanggan, untuk mengadakan kunjungan ke pabrik.

5S sebagai teknik manajemen. Sebelumnya, 5S merupakan aktivitas kecil di sekitar produktivitas dan produksi. Memang baik, tetapi tidak mutlak. Tetapi, saat ini manajemen mengubah pendirian dan menyadari bahwa 5S harus ada di pusat perhatiannya dan falsafah manajemennya. Mulai disadari bahwa 5S merupakan teknik manajemen.

Semakin banyak perusahaan Eropa-Amerika mencoba untuk menerapkan manajemen Jepang akhir-akhir ini.Mereka menyadari bahwa 5S merupakan bagian yang mutlak dari manajemen ini.

Misalnya, sebuah pabrik Amerika mengadakan kampanye besar tentang perawatan rumah tangga. Semua ini dilakukan secara menyeluruh dan mendasar, sebagaimana sebuah slogan kampanye: Perawatan rumah tangga tergantung kepada Anda.

Di Jepang, eksekutif puncak perusahaan telah memasukkan 5S sebagai prioritas utama dalam manajemennya. Tentu saja istilah 5S di sini dipakai dalam arti yang paling luas. Ada eksekutif yang menyebutnya 4S + 1. Ada eksekutif lain yang menamakannya 6S. Bahkan ada variasi lain dari tema ini. Tetapi 5S merupakan dasarnya.

 

Sumber

Buku : Sikap Kerja 5S

Karya : Takahashi Oda

Penerbit : PT Pustaka Binaman Pressindo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
chat with me