Apa Yang Harus Dilakukan Seorang Manajer

Keberhasilan atau kesuksesan sebuah organisasi atau perusahaan, sering kali dpengaruhi oleh kepiawaian para manajernya. Yang dimaksud manajer di sini adalah manajer yang berada pada semua bidang pekerjaan dan pada semua tingkatan, mulai dari supervisor sampai CEO.

Seorang manajer yang andal akan sanggup meracik sendiri ramuan dari berbagai sumber daya yang dimilikinya secara tepat, sehingga organisasi yang dimpimpinnya bisa sukses.

Faktor kepiawaian antara setiap individu dengan individu lainnya selalu tidak sama. Karena itu manajemen sering disebut sebagai seni mengelola perusahaan.

Kalau mengelola perusahaan dianggap sebagai sebuah seni, pertanyaannya adalah bagaimana mengubah sebuah ” seni manajemen” menjadi “sebuah manajemen dengan pendekatan yang pasti?”

Kenyataannya, penelitian ilmiah telah berhasil merumuskan langkah-langkah atau aktivitas utama yang senantiasa dilakukan oleh manajer mana pun yang efektif. Langkah-langkah tersebut adalah:

  1. Membuat Perencanaan (PLANNING): Menyusun strategi operasi dan memutuskan cara terbaik untuk mencapai tujuan, sesuai dengan tanggung jawabnya. Dalam hal ini seorang manajer menetapkan tujuan yang ingin diraih dan mengusulkan cara-cara pencapaiannya, termasuk di antaranya menyusun macam-macam rencana, misalnya: rencana hasil akhir (quantity dan quality), rencana penggunaan dana, rencana tenaga kerja, dan sebagainya.
  2. Membuat Pengaturan (ORGANIZING): Mengoordinasikan aktivitas atau mengatur suatu hubungan secara terpadu sehingga semua karyawan bisa menjalankan rencana manajemen dan memenuhi tujuan yang ingin dicapai. Misalnya, membagi-bagi pekerjaan sehingga ia dapat membagi waktu, pikiran dan tenaganya. Dalam hal ini manajer memutuskan cara yang paling tepat dalam menggunakan sumber daya (Man, Material, Machine, Money) untuk memaksimalkan efisiensi dan keuntungan.
  3. Memimpin Organisasi (LEADING): Menuntun dan memotivasi karyawan untuk menampilkan kinerja terbaiknya bagi pencapaian tujuan organisasi. Manajer perlu melakukan komunikasi secara efektif dalam menjalankan dan memimpin organisasi, sehingga tugas-tugas yang diperlukan bisa terselesaikan dengan baik.
  4. Melakukan Pengawasan (CONTROLLING): Suatu proses pengendalian yang dilakukan secara sadar (monitoring), untuk memantau kinerja atau mengevaluasi bagaimana rencana kerja dilaksanakan, termasuk di dalamnya mengukur kemajuan setiap tahap (pencapaian target), dan melakukan tindakan perbaikan yang diperlukan apabila terjadi penyimpangan daritujuan yang telah ditentukan. Juga berfungsi untuk mengoreksi setiap kekeliruan yang mungkin terjadi.

 

Sumber Buku,

Judul : Menjadi Manajer itu Gampang

Penulis : Armala

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
chat with me