Apakah yang Dimaksud Standard Operating Procedure (SOP) ?

Apakah yang Dimaksud SOP ?

SOP (Standard Operating Procedure) atau yang diterjemahkan menjadi PSO (Prosedur Standar Operasi) adalah sistem yang disusun untuk memudahkan, merapikan dan menertibkan pekerjaan kita. Sistem ini berisi urutan proses melakukan pekerjaan dari awal sampai akhir. Hampir semua bisnis yang dijalankan secara modern memiliki SOP. Bahkan SOP juga diberikan kepada para konsumen yang membeli produk tertentu supaya tidak salah mengolah.

Lihatlah contoh SOP cara menyajikan mie rebus atau mie goreng pada produk indomie yang tercetak dikemasan bagian belakang. Itulah yang disebut SOP. Simpel kan ? (Saat membaca bagian ini saya sarankan Anda mengambil sebungkus Indomie. Cermatilah kemasan bagian belakangnya yang tercantum saran penyajian itulah contoh SOP paling sukses di Indonesia).

Jadi, SOP memang dibuat untuk menyederhanakan proses kerja supaya hasilnya optimal tetapi efisien. Dalam pemerintahan juga terdapat SOP. Namun SOP ini sering dikacaukan dengan prosedur birokrasi yang membuat urusan menjadi rumit, alurnya sangat panjang, dan akhirnya membuka peluang korupsi.

Nah, kita pilih SOP atau prosedur birokrasi ? Keduanya seperti saudara kembar. Satu sangat efisien dan dapat menyumbangkan keuntungan bagi perusahaan, sedangkan yang lain cenderung infisien dan mebuka peluang ekonomi biaya tinggi.

Tentu sebagai pengusaha kita memilih SOP yang akan membuat pekerjaan kita lebih mudah, semua karyawan bisa mencerna dan melakukannya dengan baik, serta menghasilkan tingkat efisiensi tinggi supaya perusahaan tetap untung dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, acuan saya untuk membuat SOP adalah sesederhana Saran Penyajian Indomie atau Super Bubur. Anda setuju ?

” HUKUM MEMBUAT SOP “

Barangsiapa menyusun SOP ( Standard Operating Procedure ), maka ia membuat bisnisnya efisien dan berpotensi menyumbangkan keuntungan. Barangsiapa menyusun prosedur birokrasi, maka ia melahirkan inefisiensi, alurnya rumit, dan menyebabkan ekonomi biaya tinggi. ( Ekotama, 28 Desember 2009 ).

Sumber Buku : Standard Operating Procedure

Penulis : Suryonoekotama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
chat with me