Apa itu SEO

Pengertian SEO

Ada satu cara berpromosi yang paling ampuh bagi sebuah bisnis online, yaitu dengan menjadikan search engine besar macam Google menjadi salesman anda yang mampu bekerja 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu nonstop mempromosikan website bisnis dengan gratis.

Promosi via search engine (mesin pencari) adalah cara berpromosi paling murah meriah, tetapi efektif. Namun, sebelum dapat melakukan promosi di search engine, website bisnis online anda harus terlebih dahulu mendapatkan optimalisasi untuk kebutuhan search engine atau yang lebih sering dikenal dengan SEO.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yakni serangkaian teknik yang dilakukan agar website dapat dengan mudah ditemukan oleh pencari informasi melalu search engine, dalam hal ini adalah Google.

Teknik yang digunakan adalah dengan mongoptimalkan keywordnya melalui meta tag. Ada 5 meta tag yang dapat dioptimalkan untuk menyukseskan upaya SEO, yaitu Title tag, Meta Description Tag, Meta Keyword dan Img Alt Tag.

ini adalah basic SEO, Anda harus mengisi meta tag SEO tesebut dengan keyword-keyword yang tepat.

Search Engine memiliki kemampuan untuk mendeteksi teknik-teknik nakal yang dipergunakan untuk menaikkan posisi hasil pencarian, teknik nakal tersebut disebut dengan Black Hat SEO

Pengoptimalan meta tag SEO adalah langkah awal yang harus ditempuh dalam proses optimalisasi website, upaya pengoptimalan meta tag SEO ini adalah sebuah upaya yang sering disebut dengan ON PAGE SEO.

On Page SEO adalah sebuah upaya optimalisasi di dalam halaman website dengan melakukan optimalisasi meta tag SEO dan permainan internal link.

Beberapa tahun lalu, upaya on page SEO bisa cukup sampai pada optimalisasi meta tag SEO, dan beberapa praktisi yang mahir akan menambahkan perbaikan internal link lewat mendu sudah cukup.

Upaya on page SEO dengan melakukan optimalisasi meta tag SEO sudah cukup membuat sebuat website menempati urutan terbaik di dalam hasil pencarian. jika tidak juga menempati urutan yang bagus, maka praktisi SEO akan melanutkan optimalisasi dengan yang disebut OFF PAGE SEO.

Off page SEO adalah sebuah upaya optimalisasi SEO diluar dari halaman website, dilakukan untuk menaikkan ranking website biasanya dengan membangun backlink sebanyak mungkin.

Tetapi itu kisah beberapa tahun lalu. Semenjak awal 2014, upaya SEO menjadi lebih komplek, puncaknya di tahun 2015 dimana Google mulai menerapkan sistem SEO semantik.

Dari waktu ke waktu, sistem algorithma SEO semantik milik Google makin disempurnakan, Optimalisasi meta tage SEO masih harus dilakukan namun sudah tidak cukup lagi. Praktis harus memperhatikan konten dan memperbaiki serta menyusun konten sesuai dengan kaidah SEO.

SEO Natural

Yang disebut dengan SEO natural adalah upaya optimalisasi website dengan on page dan off page SEO untuk mendapatkan hasil pencarian terbaik.

Pada hasil pencarian SEO natural ini, pemilik website tidak perlu membayar. Berbeda dengan pemasangan iklan Adwords yang juga tampil pada hasil pencarian, namun mereka membayar kepada Google.

Apa beda Google Adwords dengan SEO Natural

Adwords adalah layanan iklan berbayar dengan sistem per klik (PPC/ Pay Per Click) yang diselenggarakan oleh Google, dan merupakan sumber pemasukan terbesar Google.

Singkatnya, setiap ada yang mengklik iklan maka pemasang iklan harus membayar dan sebelum dapat memasang iklan di Adwords pemilik website atau pengelola bisnis online harus terlebih dahulu membayar sejumlah uang sebagai dana deposit.

Iklan akan ditampilkan di dalam hasil pencarian dan juga di dalam jaringan penerbit iklan Adsense Google sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan. Setiap ada yang meng-klik iklan tersebut maka dana deposit si pemasang iklan akan berkurang secara otomatis.

Google Adwords sangat cocok untuk website baru atau bisnis-bisnis online baru, namun untuk kebutuhan jangka panjang maka sebuah bisnis online harus menguasai SEO.

Ingin mengetahui Ilmu SEO dengan Google Adwords untuk Bisnis Online anda? Ikut training dengan meng-klik Link ini

 

Sumber :

Judul : Buku Sakti SEO WordPress dan Joomla

Penulis : Su Rahman

Penerbit : PT Elex Media Komputindo

 

 

 

Tinggalkan komentar