Lingkup Penerapan

Bahasan: Lingkup Penerapan

Standar Internasional Manajemen Risiko ISO 31000 ini menyatakan dirinya sebagai standar manajemen risiko yang generik sifatnya sehingga dapat digunakan untuk semua jenis organisasi, baik organisasi laba dan nirlaba, organisasi publik dan organisasi privat, industri jasa dan industri manufaktur maupun industri jasa keuangan dan industri jasa non keuangan.

Australia dan New Zealand adalah negara yang menerapkan ISO 31000, melalui adopsi standar ini menjadi standar nasional mereka AS/NZS ISO 31000. Beberapa industri di Australia dan New Zealand wajib menerapkan manajemen risiko AS/NZS ISO 31000, sebagaimana diatur oleh peraturan perundangan mereka. Indonesia juga telah mengadopsi standar ini pada tahun 2011 menjadi SNI ISO 31000.

Seperti yang disebutkan diatas bahwa setiap organisasi harus menyesuaikan panduan yang diberikan dengan kebutuhan dan konteks penerapannya. Penyesuaian pada umumnya mencakup konteks organisasi, terutama untuk proses identifikasi risiko.

Penyesuaian lainnya adalah pada teknik-teknik asesmen risiko (identifikasi, analisis dan evaluasi risiko), setiap industri, bahkan organisasi mempunyai pendekatan dan teknik yang khas peruntukannya berimplikasi pada penentuan kriteria risiko yang sangat spesifik, begitu pula metode perlakuan risiko yang harus dilakukan.

Setiap organisasi wajib melakukan pemeriksaan kesesuaiannya. Pertama, terhadap tuntutan dari hukum dan regulasi yang terkait dengan perusahaan dan bisnis yang ditekuninya. Kedua, kesesuaian terhadap operasi dan model, serta proses bisnis yang dijalankan. Ketiga, kesesuaian dengan norma etika dan budaya perusahaan maupun lingkungan setempat.

Ringkasan

Standar manajemen risiko ISO 31000 adalah standar generik yang dapat diterapkan untuk semua jenis industri, serta semua jenis risiko. Penerapannya dapat untuk lingkup organisasi. proyek, proses atau unit kerja dalam organisasi.

Sumber:

Judul: Manajemen Risiko, Panduan untuk Risk Leaders dan Risk Practitioners

Penulis: Leo J. Susilo | Victor Riwu Kaho

Penerbit: PT Grasindo

Tinggalkan komentar