Tentang Psikologi

Psikologi merupakan sebuah disiplin ilmu dan terapan yang mempelajari mental dan perilaku secara ilmiah. Psikologi memiliki tujuan langsung untuk memahami individu dan kelompok dengan memperhatikan prinsip pribadi dan meneliti kasus spesifik. Seseorang yang ahli di bidang psikologi atau menjadi peneliti psikologi disebut psikolog dan dapat diklasifikasikan menjadi ilmuwan sosial, perilaku atau kognitif.

Psikolog berusaha untuk memahami perubahan fungsi mental dalam individu dan perilaku sosial.

1. Asal Mula Kata Psikolog

Menurut etimologi, psikologi berasal dari bahasa Yunani psyche yang maknanya “berdarah panas” yang berarti: Hidup, jiwa, hantu dan logos yang berarti ilmu. Jadi, secara harfiah psikologi berarti ilmu jiwa. Kata psikologi pertama kali digunakan oleh ahli humaniora dari Koreasia dan literatur Kroasia berbahasa Latin dalam bukunya.

Psichiologia de rattione animae humane muncul sekitar abad ke 15 sampai ke 16 masehi. Referensi yang pertama kali menggunakan kata psychology dalam bahasa Inggris adalah terdapat pada buku The Physical Dictionary yang ditulis oleh Steven Blankaart yang merujuk kepada “Anatomi, yang membentuk tubuh dan Psikologi, yang membentuk Jiwa”.

2. Pengertian Psikologi

Pengertian psikologi masih berkembang hingga sekarang. Berikut adalah beberapa pengertian psikologi menurut para ahli:

  1. Gardner Murphy. Adalah ilmu yang mempelajari respons yang diberikan oleh mahluk hidup terhadap lingkungannya.
  2. Clifford T. Morgan. Adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dan hewan.
  3. Dakir (1993) Yaitu membahas tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya.
  4. Muhibbin Syah (2001) Merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan.

Pada umumnya, psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dalam hubungan dengan lingkungannya.

3. Sejarah Psikologi

Psikologi adalah ilmu yang tergolong muda (sekitar tahun 1800an). Sebagai bagian dari ilmu pengetahuan, psikologi melalui sebuah perjalanan panjang. Konsep psikologi dapat ditelusuri jauh ke masa Yunani Kuno, sebelum Wundt mendeklarasikan laboratoriumnya di tahun 1879, yang dipandang sebagai kelahiran psikologi sebagai ilmu.

Psikologi sendiri telah dikenal sejak jaman Aristoteles sebagai ilmu jiwa, yaitu ilmu untuk kekuatan hidup (levens beginsel).

4. Sejarah Perkembangan Psikologi di Indonesia

Di Indonesia perkembangan psikologi dimulai pada tahun 1953 yang dipelopori oleh Slamet Iman Santoso dengan mendirikan lembaga pendidikan psikologi pertama yang mandir dan pada tahun 1960 lembaga tersebut sejajar dengan fakultas-fakultas lain di Universitas Indonesia dan kemudian dikembangkan di UNPAD dan UGM.

Hingga sekarang, di seluruh Indonesia sudah berdiri puluhan fakultas psikologi di berbagai universitas yang tersebar baik negeri maupun swasta. Satu keunikan dari fakultas psikologi yang berkembang di Indonesia adalah tidak adanya jurusan seperti fakultas-fakultas lain (jika psikologi berdiri sendiri sebagai fakultas).

5. Ruang Lingkup Psikologi

1. Psikologi Umum (Psikologi yang mempelajari kegiatan atau aktivitas psikis manusia pada umumnya yang normal dan beradab)

2. Psikologi khusus (Psikologi yang mempelajari segi-segi kekhususan aktivitas psikis manusia):

  • Psikologi perkembangan
  • Psikologi sosial
  • Psikologi pendidikan
  • Psikologi kepribadian dan tifologi
  • Psikopatologi
  • Psikologi kriminal dan
  • Psikologi perusahaan
6. Psikologi Sebagai Ilmu Pengetahuan

Walaupun sejak dulu telah ada pemikiran tentang ilmu yang mempelajari manusia dalam kurun waktu bersamaan dengan adanya pemikiran tentang ilmu yang mempelajari alam akan tetapi karena kekompleksan manusia untuk dipahami, maka psikologi baru tercipta sebagai ilmu sejak akhir 1800 an yaitu sewaktu Wilhem Wundt mendirikan psikologi pertama didunia.

Syarat Psikologi Sebagai Ilmu Pengetahuan

Agar psikologi dapat dikatakan sebagai ilmu pengetahuan, maka psikologi harus mengikuti tahap-tahp persyaratan sebagai ilmu pengetahuan, berikut adalah pemenuhan syarat-syarat psikologi sebagai ilmu pengetahuan:

  1. Psikologi bersifat empiris
  2. Psikologi harus sistematis
  3. Psikologi harus mampu melakukan pengukuran
  4. Psikologi harus memiliki fakta ilmiah
  5. Psikologi harus memiliki definisi umum
Fungsi Psikologi Sebagai Ilmu

Psikologi memiliki tiga fungsi sebagai ilmu yaitu:

  1. Menjelaskan
  2. Memprediksikan
  3. Pengendalian

Sumber:

Judul: Tentang Psikologi

Penyusun: Hedi Sasrawan

Leave a Comment