Bagaimana Proses Sertifikasi FSC Bisa Dimulai?

Proses setifikasi dilakukan dengan melakukan pengajuan. Sama seperti pengajuan masuk sekolah atau ikut ujian nasional, maka pengajuan ini juga meminta beberapa syarat.

  1. Pengajuan dilakukan oleh dan untuk perusahaan yang memiliki kelengkapan dokumen beroperasi. Kalau Ana pengusaha furnitur kayu, maka Anda akan menunjukkan copy dari Akta Perusahaan, SIUP/NPWP, Tanda Daftar Perusahaan, Tanda Daftar Industri, izin-izin lain yang berkenaan dengan beroperasinya perusahaan Anda, termasuk EPTIK dan BRIK. Dua yang terakhir adalah dokumen yang menunjukkan bahwa Anda berada pada industri yang menggunakan bahan kayu dan hasil dari produk Anda dijual ke mancanegara.
  2. Anda juga harus bersedia dimintai keterangan tentang seluk-beluk perusahaan Anda, baik dari jumlah tenaga kerja, berapa Anda bayar tenaga kerja Anda, kapasitas terpasang, termasuk omzet yang sudah dicapai.
  3. Anda juga mesti bersedia untuk diperiksa semua dokumen pembelian, penjualan, dan stok serta semua dokumen pendamping yang berkaitan dengan keluar masuknya bahan kayu di tempat Anda.
  4. Anda mesti juga bersedia untuk diganti cara kerja Anda yang tidak sesuai dengan standar yang sudah tertulis di kitab undang-undang mereka.
  5. Anda harus menyiapkan US$2.000-US$3.000 untuk setahun auditing, yang sayangnya ongkos ini belum bisa dibagi-bagi kepada pembeli. Artinya harga barang Anda tetap akan diminta rendah.

Yang pertama dan kelima jelas tertulis pada formulir pendaftaran. Syarat yang lain tidak pernah ditulis bahkan tidak pernah diungkapkan tetapi persyaratan itu justru yang membuat Anda lolos sebagai pengusaha bermartabat atau tidak yang artinya bahwa sertifikat hijau ini bukan sekadar tempelan manis yang mengundang orang untuk berdecak “wah, peduli lingkungan, ya” sesuatu yang lambat laun di dunia ini menjadi suatu gengsi tersendiri atau yang membuat Anda minimal lolos ujian pada waktu auditing dilakukan.

Sertifikat ini mesti dilihat lebih jauh maknanya sebagai cara hidup yang membuat terjaminnya kelangsungan hidup perusahaan dan semua stakeholdernya.

 

Sumber :

Buku : Pebisnis Bermartabat

Penulis : Peni R Pramono

Penerbit : PT Elex Media Komputindo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
chat with me