Beri Kekuasaan untuk Memperoleh Kekuasaan

Satu hal tersulit bagi seorang supervisor adalah membiarkan para karyawan melaksanakan pekerjaan untuk orang yang seharusnya melakukannya. Namun sebagai seorang pemimpin anda harus mempercayai para karyawan untuk melaksanakan pekerjaan itu.

Ada peraturan tak tertulis mengenai kekuasaan: Jika anda tidak memberik kekuasaan, maka anda tidak akan mendapatkannya

Sementara beberapa supervisor mengatakan “anda tidak bisa membiarkan karyawan bekerja sendiri karena tak satupun akan dikerjakan”. Ketika perusahaan mempromosikan anda sebagai supervisor, hal ini memberi anda tanggung jawab. Anda ingin memenuhi tanggung jawab itu. Proses yang sama akan terjadi dengan para karyawan yang bekerja untuk anda. Ingatlah, jika anda tidak memberikan kepercayaan, anda tidak akan mendapatkannya juga.

Kepercayaan diberikan lewat pendelegasian tugas dan penyerahan sebagian kekuasaan kepada orang lain. Pendelegasian yang sukses adalah situasi menang-menang (win-win situation). Hal ini akan memungkinkan anda mengarahkan perhatian kepada masalah-masalah yang lebih besar dan mendesak; di pihak lain, membuat karyawan anda berkembang dan merasakan kebanggaan yang lebih besar dengan diri mereka sendiri.

Ada empat dasar pendelegasian yang sukses :

  1. Menugaskan pekerjaan kepada anggota tim yang tepat;
  2. Mendapatkan persetujuan dan komitmen karyawan untuk melaksanakan pekerjaan tersebut dengan baik;
  3. Memberikan wewenang yang cukup kepada karyawan untuk melaksanakan pekerjaannya;
  4. Mengatur jadwal para karyawan untuk memberikan laporannya. Jangan selalu melakukan cek ulang pekerjaan karyawan setiap beberapa menit. Temukan pekerjaan apa yang dikerjakan dengan benar, dan kesulitan yang ada. Bantulah karyawan untuk belajar dari kesulitan itu.

Ketika anda memberdayakan karyawan melalui pendelegasian, anda membuka pintu gudang pengetahuan dan pengalaman yang luar biasa. Dengan memberdayakan orang lain, anda semua menang dengan kemenangan besar.

Ketika anda mendelegasikan, anda harus memberi cukup wewenang untuk melakukan pekerjaan itu. Dukunglah si karyawan dan keputusannya. Pastikan karyawan lain mengetahui bahwa ia memiliki wewenang tersebut. Dan jika ini pertama kalinya ia menerima wewenang seperti itu dengan bijaksana.

Anda tidak akan kehilangan kekuasaan atau wewenang jika anda meminta bantuan staf anda. Ketika anda berbagi tanggung jawab, dan memberi kuasa kepada karyawan anda, anda akan turut merasakan kepuasan ketika mereka berhasil. Pujian terbaik bagi seorang supervisor adalah suatu pujian yang diberikan kepada salah seorang anggota timnya. Anda bertumbuh ketika anda mendapat tanggung jawab, dan anda bertumbuh ketika anda memberikannya. Jadilah guru yang baik. Bantulah karyawan anda berkembang. Capilah lebih banyak lagi daripada yang pernah anda pikirkan dengan mempercayai karyawan dan diri anda sendiri serta mendelegasikan tugas kapan saja memungkinkan.

Benar Salah Pernyataan

B

S

1. Lebih mudah untuk mengerjakan pekerjaan sendiri. Karena terlalu lama untuk menjelaskan tentang sesuatu berulang-ulang

B

S

2. Seseorang yang saya beri delekasi untuk menyesuaikan sebuah pekerjaan akan memperoleh penghargaan, manajemen mungkin akan berpendapat dia lebih memenuhi syarat daripada saya

B

S

3. Saya takut si karyawan akan merusak pekerjaan saya

B

S

4. Saya takut karyawan saya mungkin akan beranggapan bahwa saya memberikan mereka pekerjaan yang lebih banyak

B

S

5. Saya tidak yakin bahwa pekerjaan ini dapat didelegasikan

B

S

6. Bos saya mungkin tidak setuju saya mendelegasikan pekerjaan yang ia berikan kepada saya

Tafsiran

  • Jika jawaban anda “benar”, berhentilah dan pikirkanlah tentang apakah lebih penting menyelesaikan pekerjaan sebagaiman jika andalah yang mengerjakannya atau membantu orang lain melaksanakan pekerjaan tersebut. Pikirkanlah sejauh mana anda bersabar dan apakah anda berkeinginan untuk membagikan pengetahuan kepada para karyawan.
  • Jika jawaban anda “benar”, ujilah apakah anda menghargai diri anda. Apakah anda memendam perasaan bahwa anda tidak pantas menjadi seorang supervisor? Ingatlah, manajemen sudah mempercayai kemampuan anda. Berusahalah untuk mempercayai diri anda sendiri.
  • Jika jawaban anda “benar”, pertimbangkan hal terburuk apa yang dapat terjadi. Alat pengaman apa yang dapat anda buat bagi pekerjaan tersebut agar anda dapat merasa lebih nyaman saat harus mendelegasikannya?
  • Jika jawaban anda  “benar”, ingatlah bahwa kepercayaan anda kepada kemampuan karyawan untuk melaksanakan pekerjaannya adalah pujian tertinggi yang anda berikan kepadanya. Apabila karyawan yang menjadi staf anda mendapatkan penghargaan dan dukungan dari anda, mereka akan berprestasi.
  • Jika jawaban anda “benar”, ingatlah bahwa dalam hal ini akal sehat berperan. Jika hal ini bukan informasi yang istimewa atau tentang pembuatan kebijakan, maka mungkin pekerjaan itu dapat didelegasikan.
  • Jika jawaban anda “benar”, mungkin anda terkejut bahwa bos anda menginginkan anda untuk mendelegasikan pekerjaan lebih banyak lagi. Dia ingin agar anda meminta karyawan yang memberikan laporan kepada anda untuk melaksanakan pekerjaan itu tidak semuanya anda kerjakan sendiri.

Sumber :

Judul Buku : Menjadi Supervisor/How to Supervise People

Penulis : Donald P.Ladew

Alih Bahasa : Christina Hutabarat

Editor : Elizabeth Panjaitan

Desain Sampul : Stefanus Rudi N.

Penerbit : Career Press

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!