Business Process Excellence

Business Process Excellence

Business Process Excellence adalah suatu keadaan di mana organisasi memiliki kemampuan untuk mencapai kinera bisnis superior yang berasal dari keunggulan proses-proses dalam lingkungan bisnis yang hiperkompetitif. Business Process Excellence adalah lebih jauh dari sekedar peningkatan kualitas dan efisiensi. Business Process Excellence berkaitan dengan penyerahan nilai luar biasa kepada pelanggan (internal maupun eksternal), penciptaan standar-standar baru yang lebih tinggi untuk praktek-praktek terbaik yang ada, bahkan mungkin sampai kepada mendesain ulang proses-proses dalam bisnis dan industri yang hiperkompetitif itu.

Business Process Excellence atau dapat diterjemahkan sebagain Keunggulan Proses Bisnis, merupakan inti yang paling dalam lingkungan yang hiperkompetitif. Hal ini dapat ditunjukkan melalui prinsip 5P (Profitability, Product, Process, Program, People) untuk menuju keunggulan bisnis seperti bagan dibawah ini.

Dari bagan diatas dapat dijelaskan prinsip-prinsip  5P, sebagai berikut :

  1. Profitability, kemampuan menghasilkan laba perusahaan, yang menunjukkan bahwa bisnis itu unggul (Business Excellence) akan meningkat terus-menerus, apabula kinerja produk (barang dan / jasa) itu unggul (Product Excellence) sesuai dengan atau melebihi kebutuhan pasar dan pelanggan.
  2. Product (barang dan / jasa) akan meningkat keunggulan kinerjanya (Product Excellence) apabila kapasitas proses yang menghasilkan produk itu unggul (Process Excellence).
  3. Process, akan mencapai keunggulan kinerja (Process Excellence), hanya apabila dilakukan peningkatan atau perbaikan proses terus-menerus melalui program keunggulan kinerja (Performance Excellence Program).
  4. Program, (Performance Excellence Program) akan berhasil, hanya apabila dilakukan oleh orang-orang unggul dalam perusahaan (People Excellence).
  5. People, orang-orang akan mencapai keunggulan kinerja (People Excellence), hanya apabila mereka meningkatkan pembelajaran dan pertumbuhan (Learning and Growth) tentang konsep, metode dan alat-alat yang dipergunakan dalam solusi masalah kinerja untuk mencapai keunggulan proses dalam bisnis (Business Process Excellence).

Dari penjelasan di atas terlihat bahwa keunggulan proses bisnis (Business Process Excellence) merupakan hal mutlak dan utama yang harus diperhatikan dan dibangun oleh manajemen bisnis dan industri yan ingin menjadikan perusahaan-perusahaan mereka menjadi perusahaan-perusahaan kelas dunia (World-Class Companies).

Ingin mengetahui secara mendalam tentang Business Process Improvement? Ikutlah training dengan mengklik Link ini

 

Sumber

Judul : Business Process Improvement

Penulis : Vincent Gasperz, Lean Six Sigma Master Black Belt

Penerbit : Tri-Al-Bros Publishing, September 2013, Baranangsian Indah A2 No, 10, Bogor 16710

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!