Fakta-fakta mengenai Konsumen Hijau

  • Gerakan kosumen hijau menguntungkan masyarakat luas karena memaksa pihak industri untuk transparan dan bertanggung jawab atas produk-produknya.
  • Masyarakat diuntungkan karena punya banyak pilihan atas produk-produk yang ditawarkan.
  • Bagi gerakan penyelematan lingkungan, akan memaksa agar eksploitasi dilakukan secara lebih terarah dan bertanggung jawab sehingga dapat mengerem laju perusakan alam dan lingkungan, yang pada akhirnya akan berdampak pada manusia.
  • Bagi industri, gerakan tersebut akan berdampak positif, pertama karena membuka kompetisi yang sehat di antara mereka, dan kedua adalah adanya jaminan bahan baku yang cukup karena telah dimasukannya perhitungan biaya lingkungan.
  • Perilaku sehari-hari konsumen hijau, antara lain adalah membawa tas belanja sendiri, tidak menggunakan pembersih kimia di rumah, menggantikan tisu dengan sapu tangan, nerusaha mengurangi jumlah sampah pribadi yang dihasilkan setiap hari, membawa wadah makanan sendiri ketika membeli makanan, menghidupkan AC hanya jika benar-benar perlu.
  • Menjadi konsumen hijau berarti menjadi orang-orang yang kritis kepada diri sendiri, aktif bertanya apakah tindakan atau produk yang digunakan tidak merusak lingkungan atau menambah beban sampah bagi lingkungan secara tak perlu.

 

Sumber : Buku Green Economy By Surna Tjahja Djajadiningrat, Yeni Hendriani, Melia Famiola

Picture by : https://mintnana.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
chat with me