Forestry : Badan Akreditasi dan Badan Sertifikasi (Bagian 2)

Karena efek adanya hutan yang baik ini bakal dirasakan oleh semua penghuni bumi ini, maka standar itu seharusnya diberlakukan secara global, bisa dipakai oleh seluruh pelosok tanah bumi ini. Dan lahirlah yang namanya Forest Stewardship Council (FSC) pada tahun 1993. Lembaga ini beranggotakan perwakilan-perwakilan dari organisasi lingkungan, kalangan pengusahan yang berkecimpung dalam perdagangan kayu, para ahli hutan, dan lembaga-lembaga sertifikasi dari 25 negara di dunia. Pada tahun yang sama, terbitlah sertifikasi yang pertama untuk Forest Management (FM) di Mexico dan sertifikasi untuk lacak balak kayu Chain of custody (Coc) di AS.

Indonesia termasuk kawasan yang memiliki sumber alam yang abundant. Dengan adanya gerakan sertifikasi ini, ada standar-standar tertentu yang harus dipenuhi oleh Indonesia apabila harus menjual hasil alamnya ke dunia luar. Aneh sekali ya, supaya barang kita laku dijual, malahan kita yang harus mencocokkan diri dengan syarat-syarat dari pembeli, celaka bener kita itu.

Masalahnya standar itu dibuat oleh asing, belum ada satu wakip pun dari Indonesia. Baru lima tahun setelah berdirinya FSC, ada kelompok yang mulai mempertanyakan dengan keberadaan standar asing ini. Jangan-jangan nanti tidak pas dengan keadaan Indonesia, karena pembuat standar sebagian besar menguasai daerah subtropis yang pasti jenis hutan mereka berbeda dengan hutan tropis milik Indonesia. Atau jangan-jangan ada muatan-muatan tertentu yang bertujuan tertentu pula yang kahirnya akan membuat hutan Indonesia malah dikelola oleh pihak asing. Nah, beberapa pihak dari kelompok-kelompok yang sepikiran akhirnya berkumpul dan berdiskusi. ertumbuhan lembaga yang pekerjaannya adalah membuat alat penilai lingkungan ini, diantisipasi dengan memunculkan lembaga yang sama, yang akhirnya dinamakan LEI (Lembaga Ekolabeling Indonesia).

 

Sumber,

Buku : Pebisnis Bermartabat bukan Perusak Hutan

Penulis : Peni R. Pramono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
chat with me