Jenis Pelatihan K3

Pelatihan K3 dapat diklasifikasikan sebagai berikut.

  1. Induksi K3 (safet induction) yaitu pelatihan yang diberikan sebelum seseorang mulai bekerja atau memasuki suatu tempat kerja. Pelatihan ini ditujukan untuk pekerja baru, pindahan, mutasi, kontraktor dan tamu yang berada di tempat kerja.
  2. Pelatihan Khusus K3 berkaitan dengan tugas dan pekerjaannya masing-masing. Misalnya pekerja di lingkungan pabrik kimia harus diberi pelatihan mengenai bahaya-bahaya bahan kimia dan pengendaliannya. Pekerja yang bertugas sebagai safety officer harus diberi pelatihan misalnya mengenai manajemen K3 atau manajemen risiko. Harus diingat bahwa pelatihan hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.
  3. Pelatihan K3 Umum, yaitu program pelatihan yang bersifat umum dan diberikan kepada semua pekerja mulai level terbawah sampai manajemen puncak. Pelatihan ini umumnya bersifat awareness yaitu menanamkan budaya atau kultur K3 dikalangan pekerja. Termasuk dalam pelatihan ini misalnya mengenai dasar K3 dan petunjuk keselamatan seperti keadaan darurat dan pemadam kebakaran.

Sumber

Buku: Sistem Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja OHSAS 18001

Penulis : Soehatman Ramli

Editor : Husjain Djajaningrat

Penerbit : Dian Rakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
chat with me