Kerugian yang Ditimbulkan oleh Daftar Periksa Audit

Daftar periksa audit juga dapat menimbulkan kerugian apabila tidak dipersiapkan dengan baik, antara lain sebagai berikut:

  1. Daftar periksa dapat terlihat sebagai intimidasi kepada auditee.
  2. Fokus daftar periksa dapat terlalu meruncing pada ruang lingkup audit sehingga tidak dapat menentukan masalah pada area yang spesifik.
  3. Daftar periksa adalah alat yang digunakan untuk membantu auditor, tetapi juga dapat merugikan apabila hanya digunakan sebagai mekanisme pelengkap.
  4. Daftar periksa tidak boleh merupakan gabungan dari rencana audit.
  5. Seorang auditor yang belum berpengalaman mungkin tidak dapat berkomunikasi dengan baik untuk mendapat informasi yang diperlukan apabila hanya mengandalkan dan sangat tergantung pada pertanyaan yang ada di dalam daftar periksa.
  6. Daftar periksa yang tidak dipersiapkan dengan baik perlahan lahan akan memandu jalnnya audit pada duplikasi dan pengulangan pertanyaan, yang menyebabkan audit tidak berjalan secara efektif.
  7. Daftar periksa yang selalu sama, tidak dapat menjangkau permasalahan spesifik dalam sistem manajemen mutu perusahaan, yang mungkin tidak akan menambah nilai audit, bahkan dapat merugikan.
  8. Daftar periksa yang terlalu meruncing (detail) dapat menyebabkan sempitnya pertanyaan dan tidak memberi peluang pada pengembangan pertanyaan.

Maka dari itu, amat sangat penting bagi kita untuk mempersiapkan daftar periksa audit dengan baik.

Sumber:

Buku : Panduan dan Kiat Sukses Menjadi Auditor ISO 9001

Penulis : Zuhrawaty

Penerbit : Media Pressindo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
chat with me