Klasifikasi kelapa sawit

Dalam dunia botani, semua tumbuhan diklasifikasikan untuk memudahkan dalam identifikasi secara ilmiah. Metode pemberian nama ilmiah (latin) ini dikembangkan oleh Carolus Linnaeus. Tanaman kelapa sawit diklasifikasikan sebagai berikut.

Divisi            : Embryophyta Siphonagama

Kelas             : Angiospermae

Ordo             : Monocotyledonae

Famili           : Arecaceae (dahulu disebut Palmae)

Subfamili     : Cocoideae

Genus           : Elaeis

Spesies         :

1. E.guineensis

2. E. oleifera (H.B.K) Cortes

3. E. odora

 

Kelapa sawit (E. guineensis) diusahakan secara komersial di Afrika, Amerika Selatan, Asia Tenggara, Pasifik Selatan, serta beberapa  daerah lain dengan skala yang lebih kecil.

 

Kelapa sawit Afrika telah berhasil didomestikasikan di Afrika Barat pada sekitar abad ke-16 dan ke-17 atau jauh pada periode sebelumnya. Senyawa kimia yang serupa dengan minyak sawit telah ditemukan pada makam-makam orang Mesir pada tahun 3000 Sebelum Masehi.

 

Perkembangan industry kelapa sawit telah dipaparkan secara jelas oleh Hartley (1988). Ekspor minyak dari inti sawit dari Afrika dimulai pada abad ke-19. Pada masa itu, sumber minyak hanya berasal dari tanaman kelapa sawit yang tumbuh liar dan minyak masih diekstrak dengan cara sederhana yang tidak efisien. Dari gerombol-gerombol kelapa sawit yang tumbuh liar ini akhirnya berkembang menjadi perkebunan rakyat. Perkebunan besar yang pertama mulai berkembang di Sumatera dan Malaysia pada awal abad ke-19, kemudian diikuti oleh Congo Belgia (sekarang Zaire) dan Negara-negara Afrika Barat lainnya pada tahun 1920-an.

 

Untuk di Indonesia, kelapa sawit pertama kali diintroduksikan ke Indonesia oleh pemerintah colonial Belanda pada tahun 1848, tepatnya di kebun raya Bogor (s’Lands Plantentuin Buitenzorg).

 

Sumber : Buku Panduan Lengkap Kelapa Sawit (Manajemen Agribisnis dari Hulu hingga Hilir) oleh IYUNG PAHAN

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
chat with me