Pengertian Laporan Keuangan

Pengertian Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah laporan pertanggungjawaban manajer atau pimpinan perusahaan atas pengelolaan perusahaan yang dipercayakan kepadanya kepada pihak-pihak luar perusahaan; pemilik perusahaan, pemerintah, kreditur, dan pihak lainnya.

Laporan keuangan pada hakekatnya bersifat umum,dalam arti laporan tersebut ditujukan untuk berbagai pihak mempunyai kepentingan yang berbeda.

Pemilik atau penanam modal (pada perusahaan berbentuk Perseroan Terbatas sering disebut Pemegang Saham) mempunyai kepentingan di dalam mengetahui potensi modal yang ditanamkannya untuk memberikan pendapatan. Kreditor berkepentingan dalam pemberian pinjaman terhadap perusahaan, sedang pemerintah (khususnya instansi pajak) berkepentingan di dalam penentuan beban pajak yang harus dibayar.

Kegiatan suatu perusahaan bisa digambarkan sebagai transformasi dari aktiva atau kekayaan perusahaan. Perusahaan memperoleh uang kas dari  menjual saham dan hutang, dan menggunakan dana tersebut untuk operasi. Perusahaan membutuhkan aktiva tetap, bahan mentah, tenaga kerja, dan jasa lainnya untuk kegiatan produksi. Biaya-biaya tersebut dibebankan pada barang setengah jadi sampai dengan barang jadi. Sesudah terjadi kegiatan penjualan, perusahaan mencatat suatu piutang, yang setelah dibayar menjadi kas. Dana ini yang kemudian digunakan untuk membayar pajak, beban bunga, dan deviden; atau digunakan didalam siklus produksi berikutnya sebagai laba yang ditahan.

Sesuai dengan Prinsip Akuntansi Indonesia 1984 yang dikeluarkan oleh Ikatan Akuntansi Indonesia, Laporan Keuangan meliputi: Neraca, Perhitungan Rugi-Laba, Laporan Perubahan Posisi Keuangan, dan Catatan atas Laporan Keuangan.

Sumber : Buku Memahami Laporan Keuangan Untuk Manajer Non Keuangan karya Budi Rahardjo

Picture by : <a href=”https://www.freepik.com/free-photo/pressing-economy-investment-calculation-business-holding_1233813.htm”>Designed by Schantalao</a>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
chat with me