Menjalankan sebuah sistem tanpa tujuan, apakah mungkin bisa berhasil

Seseorang tidak akan sampai pada tujuan tanpa mngetahui arah perjalanan yang ingin ditempuh.

Tujuan sebuah perjalanan haruslah jelas disadari sejak awal.

Apakah sertifikasi bukan tujuan? Sertifikat hanyalah sebuah infrastruktur. Sedangkan tujuan fundamental menerapkan ISO 9001 adalah mendukung pencapaian tujuan perusahaan mewujudkan prestasi yang dicita-citakan. Untuk perusahaan berskala besar dan sudah mapan cita-cita dirumuskan dalam visi-misi dan tujuan-tujuan yang lebih spesifik dalam berbagai parameter kuantitatif dan terukur. Tujuan biasanya dibedakan menjadi tujuan jangka pendek, mengah maupun tujuan jangka panjang. Tujuan jangka panjang antara 3-5 tahun biasanya disebut tujuan strategik, termasuk visi yang lebih mencerminkan intuisi pengusaha. Tujuan jangka menengah antara 1-2 tahun dicakup dalam perencanaan operasional dan anggaran. Sementara tujuan jangka pendek dinyatakan dalam rumusan target-target spesifik atau persyaratan standar, misalnya tingkat kepuasan pelanggan, tingkat kegagalan produksi dll.

Sistem manajemen mutu mensyaratkan perusahaan utnuk menetukan tujuan. Dikatakan : Sasaran-sasaran mutu termasuk sasaran-sasaran lainnya yang diperlukan untuk mencapai kesesuaian produk ditetapkan pada unit-unit fungsional pada berbagai tingkatan dalam perusahaan. Sasaran mutu dibuat spesifik dan sejalan dengan kebijakan mutu.

 

Sumber : Buku 101 Kesalahan Konsepsi – Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001 (Willy Susilo)

 

info training : Training ISO 9001

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
chat with me