Pengertian 5R

  1. Kata Pengantar

JIka kita mencoba membersihkan dan menata salah satu ruangan, mungkin bingung harus mulai dari mana dan apa yang pertama kali harus kita kerjakan. Apalagi banyak barang yang rusak dan tergeletak dan tidak tahu kapan akan diperbaiki, belum lagi barang yang bisa langsung dipakai tetapi tidak tahu kapan akan dipakainya, apakah besok, bulan depan, atau mungkin satu tahun lagi.

Akhirnya habis waktu hanya untuk mempertimbangkan mau diapakan barang tersebut. Dan bagaimana kita menata sebuah ruangan atau kantor agar terlihat bersih, enak dilihat dan mempermudah kita mencari barang atau alat yang akan kita gunakan dan agar barang atau alat tersebut dalam kondisi terawatt. Hal ini tidak mudah. 5R memberi jawaban untuk kita, karena 5R merupakan teknik penanganan yang tepat untuk rumah, pabrik dan dimana saja. 5R berpengaruh langsung terhadap produktivitas.

Program 5r Merupakan satu alat yang efektif untuk meningkatkan kebiasaan positif para pekerja, karena program ini terbukti efektif, dalam mengurangi biaya produksi, waktu lead time yang lebih pendek, output yang berkualitas dan mengurangi timbulnya kecelakaan dengan adanya kondisi kerja yang lebih baik.

  1. Pengertian 5R

5R adalah istilah jepang untuk menggambarkan secara sistematik praktek house keeping yang baik. 5R Housekeeping dikenal sebagai awal dan merupakan pendekatan paling efektif dalam mebangun suatu bangunan dalam beberpaa usaha peningkatan produktivitas.

Pelaksanaan 5R dengan memanfaatkan tempat kerja (yang mencakup peralatan, dokumen, bangunan dan ruang) untuk melatih kebiasaan para pekerja dalam usaha meningkatkan disiplin dan produktivitas kerja.

5R merupakan akronim dari Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin. Jika dalam bahasa Jepang menjadi 5S yaitu Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu dan Shitsuke.

 

Berlanjut ke Bagian 2

 

Sumber : Buku 5R, ISO 9001:2008 dan POKAYOKE, Strategi Jitu Manajemen Mutu Perusahaan

karya Agus Syukur

Picture by : <a href=”https://www.freepik.com/free-vector/modern-office-desk-with-flat-design_2775676.htm”>Designed by Freepik</a>

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
chat with me