Penggolongan Laboratorium

  • Laboratorium ilmu dasar, Aktivitas laboratorium ini ditujukan pada kemajuan pengertian dan pengetahuan ilmiah murni. Keluarannya dinilai oleh kelompok keilmuan dan nilai pekerjaan yang dilakukan ditemukan dalam persyaratan akademik.
  • Laboratorium ilmu terapan, laboratorium ini menggunakan teknik dan metode ilmiah untuk memberikan hasil praktis yang berguna bagi masyarakat.Hasil itu dapat dalam bentuk konsep atau verifikasi hipotesis untuk solusi masalah yang ditetapkan.
  • Laboratorium penelitian dan pengembangan, Di laboratorium ini, produk yang sebenarnya ditemukan. Tempat ini adalah bagian pelaksanaan penelitian dan pengembangan (R & D). Di sini, berbagai hal yang berkenaan dengan penggunaan temuan atau prinsip ilmiah terapan diteliti dan dikembangkan agar berguna untuk pasar.
  • Laboratorium analitik, laboratorium ini mendukung laboratorium lain dengan menyediakan servis. Fokus di sini adalah menghasilkan data, sebagai kebalikan dari pemberian pengertian dasar, konsep atau perangkat khas yang berguna.
  • Laboratorium riset, laboratorium ini mendukung riset murni dan terapan. Laboratorium riset murni biasanya dibiayai oleh swasta, pemerintah, atau universitas.
  • Laboratorium manufaktur, tujuan utama laboratorium pengendalian mutu suatu manufaktur ada dua, yaitu memastikan kesesuaian dengan spesifikasi produk dan pengendalian proses secara statistik.

Sumber : Buku “Praktik Sistem Manajemen Laboratorium-Pengujian yang Baik”

By : Prof. Dr. Charles J. P. Siregar, M.Sc., Apt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
chat with me