Penyebab Kerusakan Hutan

Ada empat faktor penyebab kerusakan hutan, diantaranya: penebangan yang berlebihan disertai pengawasan lapangan yang kurang, penebangan liar (bedanya dengan yang pertama adalah yang pertama legal tetapi tidak diawasi, yang kedua memang sengaja menghindar dari pengawasan karena ilegal), Kebakaran hutan, dan Alih fungsi hutan menjadi lahan pertanian atau pemukiman.

Empat Faktor Penyebab Keruskaan Hutan
Penebangan yang tidak terkendali itu dimulai di Indonesia sejak tahun 1990-1n, yang dikenal dengan nama banjir-kap, dimana orang melakukan penebangan kayu secara manual.


kemudian menyusul penebangan hutan secara skala besar pada tahun 1970-an. Dan dilanjutkan penebangan dengan diterbitkkan izin-izin oleh pemerntah sehingga perusahaan – perusahaan bebas menjadikan hutan menjadi tanaman industri yang dilakukan sejak tahun 1990.


Untuk kepentingan itu dilakukanlah yang namanya tebang habis )land clearning). Akhirnya benar – benar habislah hutan hijau kita. Areal hutan kemudian juga beralih fungs menjadi kawasan perkebunan skala besar, kawasan transmigrasi, dan pengingkatan aktivitas penebangan hutan tanpa izin yang tidak terkendali, dan diperparah dengan kebakaran hutan terbesar di Indonesia pada tahun 1997.

Penebangan liar. 

Penebangan liar adalah penebangan yang tidak ada izin. Dampak yang diakibatkan oeh penebangan liar ini ternyata hebat  sekali. Penebangan liar dapat merusak semua jalur, dari ekosistem hutannya sendiri sampai perdagangan kayu hutan. 


Sumber : 

Buku: Pebisnis Bermartabat, Bukan Perusak Hutan 2008

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
chat with me