Penyebaran Kelapa Sawit

Kelapa sawit tumbuh dengan baik pada dataran rendah di daerah tropis yang beriklim basah, yaitu sepanjang garis khatulistiwa antara 23,5° lintang utara sampai 23,5º lintang selatan. Adapun persyaratan untuk tumbuh pada tanaman kelapa sawit sebagai berikut.

  • Curah hujan ≥ 2.000 mm/tahun dan merata sepanjang tahun dengan periode bulan kering (< 100 mm/bulan) tidak lebih dari 3 bulan.
  • Temperatur siang hari rata-rata 29-33ºC dan malam hari 22-24ºC.
  • Ketinggian tempat dari permukaan laut < 500 m.
  • Matahari bersinar sepanjang tahun, minimal 5 jam per hari.

Zona iklim yang sesuai untuk kelapa sawit dapat diklasifikasikan berdasarkan kondisi pertumbuhan yang dikembangkan oleh FAO, yaitu pada variabel temperatur dan periode pertumbuhan. Variabel temperatur mencakup 14 iklim utama yang digolongkan dalam 3 kelompok, yaitu tropis, subtropis, dan temperate. Peta yang dipublikasikan oleh FAO menunjukkan daerah iklim utama dan isoline yang berbeda untuk masing-masing periode pertumbuhan sehingga memberikan indikasi yang jelas tentang kecocokan lahan untuk tanaman budi daya berdasarkan pembagian wilayah (fungsi dari iklim).

Kebutuhan tanaman kelapa sawit dalam sistem yang dikembangkan FAO yaitu daerah tropis yang panas dengan temperatur harian selama 24 jam > 20ºC dan periode pertumbuhan ≥ 270 hari pertahun. kondisi tersebut terdapatpada daerah sebagai berikut.

  • Afrika: sepanjang pantai barat dari Guinea ke Zaire dan sepanjang Lembah Sungai Congo dan Pantai Timur Madagascar.
  • Amerika Tengah: daerah Pantai Laut Karibia dari Meksiko Selatan sampai Panama, kecuali semenanjung Yucatan.
  • Amerika Selatan: Sebagian besar daerah Lembah Sungai Amazon di Brasil, Kolombia, Ekuador, Peru, dan beberapa daerah lainnya.
  • Asia Tenggara: Malaysia, Indonesia (Pulau Sumatera, Klaimantan, sebagian Sulawesi, dan Papua), serta Papua New Guinea.
  • Pasifik Selatan: Kepulauan Solomon.

Malaysia dan Indonesia merupakan dua negara utama produsen minyak sawit yang menguasai sekitar 85% pangsa pasar dunia.

Sumber : Buku “Panduan Lengkap Kelapa Sawit, Manajemen Agribisnis dari Hulu hingga Hilir”

Penulis : Iyung Pahan

Picture by : thestar.com.my

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
chat with me