Perusahaan Menjalankan Standar Ganda Untuk Satu Proses Yang Sama

101 Kesalahan Konsepsi – Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001

Poin 3 : “Perusahaan menjalankan standar ganda untuk satu proses yang sama”

Alat apapun yang ada di muka bumi ini, bila pemanfaatannya tidak tepat tidak akan membawa manfaat

Mengapa harus ada dua standar yang berbeda untuk satu proses yang sama? Ada standar yang ketat dan ada standar yang longgar. Standar yang ketat dibuat berdasarkan persyaratan pelanggan. Sementara standar yang longgar disiapkan khusus untuk memenuhi persyarata  ISO 9001. Pada waktu audit yang ditunjukan kepada auditor eksternal adalah dokumen yang memuat persyaratan dengan toleransi longgar sementara yang ketat disembunyikan.

Mengapa hal itu dilakukan? Ternyata alasannya karena kuatir sertifikat diacabut bila perusahaan tidak mencapai komitmen mutu sebagaimana yang telah tertuang dalam standar. Karena itu, daripada ditemukan banyak ketidak-efektifan saat audit lebih baik standarnya diturunkan sehingga seakan-akan semua target mutu tercapai. Dengan begitu pada saat audit, bukti-bukti yang terekam dalam arsip menunjukan tingkat efektivitas sistem yang sangat baik. Semua target dan persyaratan tercapai. Luar biasa.

Maksud hati ingin mengamankan sertifikat, tapi sayang caranya keliru. Tipuan dan rekayasa seperti itu bermaksud mengelabui badan sertifikasi, tetapi tindakan seperti itu adalah suatu proses pembodohan terhadap personil organisasi yang suatu ketika praktek tipuan itu akan menjadi bumerang yang merugikan perusahaan. Senjata makan tuan.

Sumber : Buku 101 Kesalahan Konsepsi – Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001 (Willy Susilo)

info training : Training ISO 9001

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
chat with me