Profil Orang Sukses

Sukses merupakan magi dan idola. Kata itu diucapkan dengan rasa ajaib, dan kemunculannya selalu disambut dengan kekaguman. Tak heranlah, dengan berbagai strategi dan taktik orang bersedia keras menggapainya. Mereka yang sudah sukses disambut dengan antusias dan digandrungi, bahkan dimitoskan.

Terlepas dari sifatnya yang magis atau mitologis, kenyataannya bangsa-bangsa yang maju pada zaman kita ini ditentukan oleh warga negaranya yang sukses di segala bidang kehidupan. Sebagai eksekutif muda, kita juga ingin agar bangsa kita maju, minimal tidak ketinggalan dari bangsa-bangsa lain. Untuk itu, kita sendiri perlu sukses. Berikut ini disajikan sejumlah ciri orang sukses, sebagai inspirasi dalam usaha kita menjadi sukses.

  1. Orang sukses percaya pada diri sendiri dan kemampuan mereka sendiri, mereka memandang segala masalah hidup bukan sebagai persoalan yang harus disingkiri, melainkan sebagai tantangan yang minta ditanggapi. Mereka melihat diri mereka mempunyai kemampuan untuk itu, dan siap untuk menggunakannya. Karena itu, orang sukses pada umumnya bersikap optimis dan tidak takut bersusah-susah.
  2. Orang sukses memiliki visi dan arah ke masa depan, mereka tidak mengarahkan pandangan ke masa lampau, tetapi kemasa depan.Yang memenuhi pikiran mereka bukan kenangan masa lalu, melainkan visi ke masa depan dan harapan akan hal yang bakal terjadi. Orang sukses tidak tenggelam dalam kejayaan masa lampau atau berpedih-pedih akan kesalahan yang sudah terjadi. Mereka memancangkan sasaran di masa depan karena di masa depan itulah apa yang mereka bayangkan akan terjadi dan apa yang mereka impikan akan terwujud.
  3. Orang sukses menjaga integritas diri dan bersikap etis dalam usaha, mereka tidak mempertaruhkan nama baik mereka dengan main tipu daya, bertindak curang, memanipulasi, dan merugikan orang. Dalam berusaha mereka tidak hanya memperhatikan legalitas, hukum, peraturan yang berlaku, tetapi juga apa yang disebut moralitas, hati nurani, dan kepatutan. Karena mereka yakin bahwa, seperti  di dunia olahraga, manusia tidak hanya dinilai dari prestasi permainan, tetapi juga dari bagaimana cara bermain.
  4. Orang sukses mencintai pekerjaan mereka.
  5. Orang sukses menjadi pemikir sekaligus pelaksana.
  6. Orang sukses menjaga produk mereka.
  7. Orang sukses cakap memilih para pembantu.
  8. Orang sukses tidak bersikap serba tahu.
  9. Orang sukses fleksibel.
  10. Orang sukses cakap mengelola manusia yang berpengaruh atas usaha mereka.

 

 

Sumber : Buku Inspirasi Kerja bagi Para Eksekutif Muda karya Agus M. Hardjana

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
chat with me