Sebagai alat manajemen, ISO 9001 harus digunakan dengan tepat dan benar

“Sukses dimulai dari diri Anda sendiri. Adapun yang Anda inginkan, apapun yang Anda cita-citakan mulailah dari diri sendiri”


     ISO-9001 adalah alat. Sama halnya dengan alat apapun, bila penggunaannya tidak tepat tidak akan memberikan manfaat dan dampak yang diinginkan.

     Setiap alat memiliki fungsi dan karakterisitik yang berbeda. Sebagai contoh palu adalah alat untuk memantik, pisau untuk memotong. Bila pisau digunakan untuk memantik pasti tidak akan efektif demikian juga sebaliknya palu tidak bisa digunakan untuk memotong.

     Semua persyaratan dalam standar ISO 9001 adalah alat. Seluruh personil perusahaan yang terakit dengan pemanfaatan standar perlu diajarkan bagaimana menggunakannya dengan tepat dan benar agar sistem bisa menimbulkan manfaat optimal. Audit internal sebagai bagian dari alat hendaknya digunakan dengan benar. Analisa data dijalankan dengan benar. Jangan sampai memerankan fungsi auditor seperti seorang polisi berusaha menangkap maling. Malingnya ketakutan sehingga menyembunyikan kesalahannya. Management review sebagai media komunikasi, jangan dipakai sebagai ajang diskusi sosial pasti tidak akan efektif. Dokumen sistem manajemen mutu berupa manual mutu, prosedur atau instruksi kerja sebagai alat kerja, jangan hanya disimpan dalam lemari. Tapi gunakanlah sebagaimana fungsinya.


Sumber : Buku “101 Kesalahan Konsepsi – Pengembangan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001” By WIlly Susilo

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
chat with me