Sejarah Sistem Manajemen K3

Dibandingkan dua kerabat dekatnya, Sistem manajemen utu ISO 9001:2000 dan Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001:2004, Sistem Manajemen K3 memang belum populer, standar yang sekarang kita kenal seperti OHSAS 18001: 1999 pun tidak diterbitkan oleh Lembaga Standarisasi Dunia (ISO), tapi melalui kesepakatan badan-badan sertifikat yang ada dibeberapa negara.


Sistem Manajemen K3 sebenarnya telah mulai diterapkan di malaysia pada tahun 1994 dengan dikeluarkannya Undang – unadang Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada tahun 19966. Lembaga ISo juga telah mulai merangcang sebuah Sistem Manajemen K3 dengan melakukan pendekatan terhadap Sistem Manajemen Mutu ISO 9000 dan Sistem Manajemen Lingkungan  ISo 14001. Hasil Workshop yang diadakan saat itu adalah didapatkan agar ISo mengehentikan upayanya membangun sebuah Sistem Manajemen K3 sejenis ISO 901 dan ISo 14001. Alasannya kala itu adalah K3 merupakan struktur yang bersifat tiga pihak maka penyusunan sebuah ketentuan Standar Sistem manajemen K3 diserahkan ke masing – masing negara.

Pada tahun 1998, The Occupational Safety adn Healty Branch (Sekarang: Safe Work)ILO bekerja sama dengan the International Occupational Hygiene Assosiation (IOHA) melakukan identifikasi elemen  elemen kunci dari sebuah Sistem manajemen K3.


pada tahun 1999, anggota Lembaga ISO yaitu British Standards Institusion (BSI) meluncurkan sebuah proporsional resmi ( Ballot document ISO /TMB/TSP 190) untuk membuat sebuah Komite teknik ISO yang bertugas membuat sebuah Standar Internasional Nonsertifikasi. Hal ini menimbulkan persaingan dengan ILO yang sedang mempopulerkan SIstem Manajemen K3. ILO sendiri didukung oleh International Organization of Employers (IOE) dan the International  Confederation of Free Trade Unions (ICFTU) dan afiliasi – afiliasinya. Akibatnya proposal yang diusulkan oleh BSI pun ditolak.

Draf final yang disusun oleh ILO dihasilkan awal tahun 2001. Hasil pertemuan pada April tahun 2001 the ILO Guidelines on OSH Management System (The ILO/OSH 2001) pun disepakati.


THE ILO/OSH 2001 merupakan model yang unik. Selain dapat disesuaikan dengansistem manajemen lainnya, ia tidak ditujukan untuk menggantikan undang – undang di negara bersangkutan, tidak mengikat dan tidak mempersyaratkan sertifikasi.


Akan tetapi pada tahun 1999 BSI dengan badan – badan sertifikasi dunia meluncurkan juga sebuah Standar Sistem Manajemen K3 yangdiberi nama Occuapational Health and Safety management Systems (OHSAS 18001).

Struktur yang dimiliki THe ILO/OSH 2001 pun memiliki kesamaan dengan OHSAS 18001


Sumber;

 SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA/Rudi Suardi, 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
chat with me