Standar Kompetensi

Pengertian Standar Kompetensi

Standar Kompetensi merupakan daftar kompetensi setiap pekerjaan yang disajikan secara umum untuk dapat dijadikan ukuran standar pelaksanaan kompetensi. Standar kompetensi pada umumnya dikeluarkan oleh lembaga-lembaga pelatihan maupun lembaga-lembaga pemerintah. Sebagai contoh, di beberapa negara seperti Inggris dan Australia, pemerintah negara tersebut membuat semacam standar kompetensi yang bertujuan untuk menyetarakan pelatihan – pelatihan atau program-program yang dilaksanakan oleh lembaga-lembaga pelatihan dan pemerintah. Mereka mengharapkan dengan adanya standar kompetensi itu lembaga-lembaga pelatihan akan memberikan pelatihan dengan cara dan materi yang standar, yang tidak jauh beda dari lembaga pelatihan yang lain.

Di Australia, lembaga-lembaga seperti Australian National Authority (ANTA) dan National Training Information Service (NTIS) menyajikan data kompetensi untuk masyarakat umum terutama untuk masyarakat yang akan mengikuti pelatihan mereka. Penyajian standar kompetensi tersebut dibedakan menjadi 3, yang disesuaikan dengan kelompok penggunanya, yaitu :

  1. Standar kompetensi untuk kelompok industri
  2. Standar kompetensi lintas industri, dan
  3. Standar kompetensi untuk perusahaan.

Contoh Standar Kompetensi

Contoh standar kompetensi untuk kelompok industri adalah standar kompetensi industri perbankan, industri perminyakan, manufaktur, dan industri lainnya. Kemudian, standar kompetensi untuk lintas indsutri biasnya dibuat untuk jenis pekerjaan tertentu yang dimiliki oleh semua industri. Sebagai contoh, pekerjaan manajer Sumber Daya Manusia, Manajer keuangan, dan Manajer IT. Pekerjaan-pekerjaan tersebut ada pada industri pertambangan, manufaktur, perbankan, dan industri lainnya. Oleh karena itu, pekerjaan-pekerjaan tersebut dapat memiliki standar kompetensi yang sama untuk semua industri.

Sedangkan standar kompetensi untuk perusahaan dapat dibuat khusus sesuai dengan kebutuhan perusahaan masing-masing, misalnya PT X dapat membuat standar kompetensi sendiri khusus untuk PT X.

Karena lembaga-lembaga seperti National and Scottish Vocational Qualifications (NVQs/NVQs), Australian National Authority (ANTA), dan National Training Information Services (NTIS) menyajikan standar kompetensi untuk kelompok industri dan lintas industri, yang anggotanya merupakan kumpulan dari banyak perusahaan, kompetensi yang diguanakan adalah kompetensi yang bersifat umum. Prinsip dasar standar kompetensi yang disajikan oleh NVQs/NVQs, ANTA dan NTIS diambil dari prinsip pengembangan pengetahuan dan keterampilan. Contohnya, NTIS menyajikan standar kompetensi untuk kelompok industri tertentu dalam 4 tingkatan, yaitu :

  1. Standar Kompetensi (Competency Standard) – disajikan untuk tingkat industri tertentu, misalnya industri perbankan atau pertanian
  2. Unit Kompetensi (Unit of Competency) – menunjukkan wilayah kompetensis secara umum
  3. Elemen Kompetensi (Element of Competency) – yang menggambarkan keterampilan yang digunakan oleh unit kompetensi
  4. Kompetensi Kunci (Key Competencies) – merupakan komponen dasar standar kompetensi, yang menggambarkan kemampuan atau prestasi yang dibutuhkan untuk melaksanakan suatu pekerjaan.

Semakin kebawah, yaitu bergerak dari Standar Kompetensi tingkat industri ke arah kompetensi kunci, semakin rinci gambaran kompetensinya.

Berikut ini adalah contoh penyajian kompetensi oleh NTIS

Standar Kompetensi (Competency Standard)

Industri Pertanian : Staf Perencanaan Sumber Daya Manusia

Unit Kompetensi (Unit Description)

Memanajemani perencanaan strategi sumber daya manusia (ini merupakan salah satu kompetensi pada bagian sumber daya manusia di industri pertanian)

Elemen Kompetensi (Element of Competency) : Pada contoh ini tidak tersedia

Kompetensi Kunci (Key Competency)

  • Mengumpulkan, menganalisis dan mengorganisasikan informasi sumber daya manusia
  • Mengomunikasikan ide dan informasi; serta
  • Merencanakan dan mengorganisasikan bagaimana aktivitas kerja

(Kompetensi kunci ini menggambarkan bagaiman aktivitas kerja direncanakan dan diorganisasikan)

Ingin menguasai kompetensi anda di dunia pekerjaan? ikuti training dan konsultasi di Link ini

Sumber :

Judul : Kompetensi Plus

Penulis : Parulian Hutapea, MBA dan Dr. Nurianna Thoha, MBA

Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!