Tips Merekrut Talenta (Orang Berpotensi Tinggi)

Berikut ini beberapa rekomendasi untuk merekrut talenta (calon-calon berpotensi tinggi)

  1. Kemampuan presentasi secara jelas, calon-calon berpotensi dan berketerampilan tinggi (talenta) harus mengetahui bagaimana mempresentasikan pendapatnya atau opini secara jelas kepada manajemen, di samping kemampuan yang baik untuk mengekspresikan pandangannya secara runtut dan ringkas. Jika ditemukan jawaban dari calon secara samar-samar dan tidak konsisten, maka kita perlu mencoba untuk “memaksa” calon itu untuk berbicara mengemukakan pendapatnya untuk memeriksa apakah dia dapat mengekspresikan secara sistematik dan tingkas atau singkat
  2. memiliki sikap percaya diri. orang percaya diri yang rendah hati dan tidak arogan merupakan calon berpotensi tinggi (talenta) yang perlu dipertimbangkan dalam proses rekrutmen dan seleksi. Karyawan yang unggul harus rendah hati dan sederhana, mereka mengetahui kekuatan mereka dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi, mereka juga mengetahui kelemahan mereka dan selalu berusaha untuk memperbaiki diri.
  3. Memiliki perilaku profesional. Calon yang bekerja profesional dan mudah untuk bergaul dengan orang-orang sekitar harus menjadi pertimbangan untuk direkrut dan dipilih. Calon ini akan segera terbiasa dengan lingkungan kerja baru.
  4. Berpakaian profesional. Calon yang berpakaian ketika mengikuti proses wawancara akan memberikan kesan pertama yang baik dan hal ini menjadi sangat penting untuk mereka yang bekerja sebagai profesional bisnis. Calon-calon yang memilih untuk berpakaian sesuai dengan budaya perusahaan mereka yang serius dan benar-benar berusaha mencari kesempatan untuk bekerja dengan perusahaan itu.
  5. Persiapan secara hati-hati. Setiap calon berpotensi tinggi (talenta) pada saat mengikuti proses wawancara akan sangat berhati-hati menyiapkan informasi tentang perusahaan. Sebagai manajer, kita harus mengeksplorasi calon agar sebanyak mungkin mengungkapkan tentang apa yang dia tahu mengenai operasional dan pencapaian kinerja perusahaan. Tanyakan kepada calon mengapa ia memilih untuk bergabung dengan perusahaan? Jika calon memberikan jawaban samar-samar maka dapat disimpulkan bahwa ia tidak serius untuk bekerja dengan perusahaan kita, sehingga layak untuk tidak direkrut.

Selain lima tips di atas, ada beberapa pertanyaan berikut yang akan membantu kita melihat dan memahami kemampuan sebenarnya dari calon-calon berpotensi tinggi (talenta).

  1. Bagaimana pendapat teman Anda terhadap Anda?
  2. Apa motivasi Anda dalam bekerja?
  3. Dapatkah Anda menceritakan pengalaman kerja yang paling menyenangkan yang pernah dialami oleh Anda?
  4. Jenis pekerjaan apa yang tidak disukai oleh Anda? Bagaimana Anda menanggapi terhadap pekerjaan yang tidak disukai oleh Anda itu?
  5. Apakah Anda pernah melakukan kesalahan fatal yang sangat serius mempengaruhi kinerja Anda atau mempengaruhi hubungan baik perusahaan dengan pelanggan? Bagaimana Anda menyelesaikan masalah itu?

 

Sumber buku : All-in-one ‘Talent Management’ oleh Vincent Gaspersz

Picture by  <a href=”https://www.freepik.com/free-photo/business-situation-job-interview-concept-job-seeker-present-resume-to-managers_1211575.htm”>Designed by Ijeab</a>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
chat with me