TUJUAN DOKUMENTASI

Tujuan dokumentasi adalah sebagai berikut:

  • menata dokumen (dalam bahasa Inggris disebut to organise) untuk memenuhi kebutuhan dokumen dan informasi bagi pemakai. Pemakai ini dapat berasal dari sebuah negara, sebuah badan atau organisasi, departemen dan lembaga negara, perusahaan bahkan juga perorangan. Untuk perorangan dikenal kegiatan dokumentasi pribadi yang bertujuan memenuhi kebutuhan informasi seseorang.
  • menghindari duplikasi kerja. Dokumentasi bekerja sama dengan unit dokumentasi lain sehingga apa yang telah dikerjakan di sebuah unit dokumentasi, tidak perlu diulang lagi di dokumentasi lain. Dengan kerjasama ini, dokumentasi dapat menghemat uang, waktu, tenaga.
  • menyediakan informasi yang diinginkan bilamana diperlukan. Informasi yang diperlukan tersebut diberikan dalam bentuk dan rincian sesuai dengan permintaan pemakai. Informasi yang diberikan tidak terbatas pada dokumen saja, melainkan juga dalam bentuk angka atau data statistik. Penyediaan informasi ini sesuai dengan syarat dokumentasi yang baik ialah secepat, selengkap dan semurah mungkin.
  • menyimpan dokumen. Fungsi penyimpanan ini berkaitan erat dengan definisi dokumentasi artinya menyimpan untuk didayagunakan semaksimum mungkin untuk keperluan pemakai.

Demikian tujuan dokumentasi, semoga artikel ini bermanfaat, dan jika Bpk/Ibu membutuhkan Training ISO silahkan untuk menghubungi kami :

Hidayat (081395751279), Diman (081211233099)

 

Sumber,

Buku : Pengantar Dokumentasi

Penulis : Sulistyo-Basuki

Penerbit : Rekayasa Sains

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
chat with me